Thursday, October 25, 2018

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Kebakaran bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, untuk kita kita harus selalu tetap waspada akan terjadinya kebakaran. Apabila kebakaran ringan sudah terlanjur terjadi, salah satu cara untuk memadamkannya yaitu dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) / Tabung pemadam kebakaran.
Untuk itu, dalam kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai cara menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).
Cara paling mudah dan efektif adalah dengan memegang Alat Pemadam Kebakaran menggunakan tangan Kiri sambil tarik pin pengaman di posis leher falve pemadam lalu cabut pin dan arahkan selang semprotkan ke tiap titik sumber kebakaran dan lakukan secara semprot gaya seperti menyapu guna mebersikan kebaran yang terjadi dan pastikan api semua dalam keadam padam.
berikut dibawah ini merupakan tips-tips menggunakan alat pemadam kebakaran:
1. Jangan panik dan tetap fokus
Kita harus tenang dan tidak panik dalam melakukan memadamkan di setiap titik kebakaran Segeralah menunju tempat APAR yang di tempat penempatan simpan apar terus Ambilah APAR  untuk memadamkan api Pastikan jarum indikator tekanan berfungsi dengan baik
2. Perhatikan di semua titik sumber kebakaran api
Lepaskan atau tarik Pin pengaman yang berada di Valve leher APAR pastikan badan  anda berada diantara 1,5-3 Meter dari Api untuk menjaga dan mencegah kepanasan Pastikan badan  anda tidak melawan arah angin guna mempercepat pemadaman kebakaran api
3. perhatikan dan  Pastikan anda memegang Nozzle Selang APAR  ke arah sumber api
Pegang gagang dan kemudian tekanlah gagang yang kencang dan semprotjos ke sumber titik kebakaran api
Arahkan semburan APAR tepat merata ke sumber kebakaran api
Pastikan api telah padam…

0 comments:

Post a Comment

 
Luffy - One Piece